CARA BELAJAR MENYEBUT HURUF “R” YANG PALING EFEKTIF




 
Dalam tulisan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang cara menyebut huruf “R”. Ini merupakan pengalaman real dari diri saya sendiri. Menjadi seseorang yang cadel pasti membuat diri kita agak canggung kan kalau berbicara dengan orang lain? apalagi dengan lawan jenis. Ada orang yang bilang kalau cadel itu tidak bisa diubah lagi, sudah takdirnya. Tapi semua itu hanyalah omong kosong, karena saya berhasil keluar dari ‘zona cadel’ padahal usia saya saat itu sudah 18 tahun, jadi bagi kalian yang cadel jangan pernah menganggap bahwa kalian tidak akan pernah bisa menyebut huruf “R”, karena itu BUKAN HAL YANG MUSTAHIL.

Cara yang akan saya ajarkan ini merupakan cara yang sangat mudah dan sudah saya buktikan sendiri. Saya sudah belajar beberapa cara dari internet, namun tidak ada yang masuk akal dan tidak pernah berhasil padahal ditulis cara jitu, terbukti, atau apalah itu. Jadi saya berinisiatif untuk mencari caranya sendiri, yaitu dengan menjadikan teman kuliah saya sebagai objek penelitian :)

Saya menyuruh teman saya menyebutkan huruf “R” berulang-ulang, mulai dari cepat hingga slow-motion. Saya dengan teliti memperhatikan pergerakan lidahnya dan akhirnya berhasil menemukan cara menyebutnya dengan benar, dan saya menyadari cara menyebut "R" yang biasanya saya lakukan berbeda jauh dengan cara tersebut. Walaupun saya sudah tau cara menyebutnya, bukan berarti saya langsung bisa menyebut huruf “R”. Saya harus membisakan lidah saya dulu agar tidak cadel melulu. Nah daripada kebanyakan cerita, mendingan langsung saya ajarin aja nih.

· 1. Huruf dasar dari huruf “R”
Ini merupakan ilmu pertama yang harus kita tau, huruf dasar dari huruf “R” itu adalah huruf “E”, bukan huruf "L" seperti yang kebanyakan orang bilang. Huruf “R” merupakan variasi dari huruf “E” yang diberikan getaran pada lidah. Jadi huruf “R” dan huruf “E” itu beda tipis ya. Ingat ini kunci pertama!!! (Eeeeeeee = Eeeerrrrrrr)

·  2. Latihan menggetarkan lidah.
Setelah mengetahui dasarnya, kita harus belajar cara menggetarkan lidah. Ingat poin pertama tadi, huruf “R” merupakan variasi huruf “E” yang digetarkan. Cara menggetarkan lidah ini cukup gampang. Hal yang harus kita lakukan adalah menekuk lidah kita keatas hingga menyentuh bagian dalam gigi yang berbatasan dengan gusi. seperti gambar dibawah ini:
 
Kalau sudah, pastikan mulut anda jangan terlalu lebar, cukup seluas jari saja, bisa diukur dengan cara menggigit jari anda. Kemudian hembuskan angin dari dalam mulut sampai lidah anda berhasil bergetar. Kalau anda sudah bisa menggetarkannya, kemudian latih menggetarkan huruf “D”, sehingga terdengar bunyi seperti anak-anak yang sedang main tembak-tembakan. Kalau anda sudah lihai menggetarkan huruf “D” anda sudah mencapai setengah perjalanan.

· 3. Mulai latihan menyebutkan huruf “R”
Setelah anda lihai menyebutkan huruf “D” dengan lidah bergetar, maka anda siap lanjut ke tahap 3. Sekarang anda coba manyebut huruf “E” seperti kata “Eja”. Kemudian anda rasakan dimana posisi lidah anda, pastinya letaknya dibawahkan? Kemudian anda tekuk lidah anda ke atas dibagian dalam gigi seperti cara nomor 2. Rasakan dimana posisinya. Ini adalah cara yang paling susah tapi bukan mustahil, jangan putus asa di bagian sini, okee!!! Ini merupakan tahap inti, sekarang anda coba menyebut huruf “E” dengan panjang sehingga menjadi “EEEEEEEEE” dan langsung tekuk lidah anda keatas seperti cara nomor 2 tanpa berhenti menyebut huruf “E”. Pasti huruf “E” yang anda sebutkan terhenti sendiri kan? Berarti cara yang anda lakukan sudah benar. Sekarang coba sebutkan sekali lagi huruf “EEEEEEEE” dengan panjang sambil menekuk lidah anda katas seperti tadi, kemudian langsung getarkan lidah anda pas menyentuh gigi bagian dalam seperti cara nomor 2. Pasti anda mendengar bunyi yang aneh kan? Namun ulang-ulang terus cara ini, dalam waktu 1-2 hari anda pasti berhasil menyebut huruf “R” (“Eeeeerrrrrrrrrr”), saya jamin 100% anda berhasil.

· 4. Latihan terakhir
Setelah anda berhasil menyebutkan huruf “R” dengan cara diatas, kemudian anda harus belajar menyebutkan kata-kata yang ada huruf “R”-nya, mulai saja dengan kata yang mudah, dulu saya belajarnya sambil naik motor, jadi saya baca tulisan-tulisan yang ada dijalan. Ini memberikan berbagai macam variasi kata yang akan kita latih. Intinya anda jangan pernah putus asa, saya sangat yakin anda bisa menyebutkan huruf “R” kalau anda mengikuti cara saya ini. Waktu yang anda butuhkan memang tidak sedikit, perlu waktu 1-2 minggu, namun anda akan bisa menyebutkan huruf “R” untuk selamanya.

Itu saja pengalaman yang saya bagikan kali ini, semoga kalian sukses. kalau ada yang ingin kalian tanyakan silakan tambahkan di bagian komentar, insyaAllah akan saya jawab. Yang mau belajar secara pribadi mungkin akan saya layani, untuk videonya mungkin nanti akan saya bikinkan agar kalian lebih mudah belajarnya. Thankyouuuuu...

Comments

  1. Terimakasih mas artikelnya.. sangat bermanfaat.. saya sdh bisa menggetarkan lidah saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya klo bilang R dengan jelas itu udh lihai kak tpi klo smbil ngmong sambil nyanyi ttp aja cadel jdi temen sya bingung sbenarnya sya cadel apa bukan

      Delete
    2. Bang doa in aku semoga bisa ngomong R nya lancar ya Pliss mohon bantuannya

      Delete
    3. Boleh tanya kalau lidah tidak dapat sampai dekat lelangit mulut macam mana😢

      Delete
    4. Itu spertinya lidah nya emg kurang panjang dari lahir

      Delete
  2. Masa awk berlatih ni , masa tu tgh umur berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tumpang tanya
      Berapa lama masa untuk setel langkah kedua? Hanya untuk memastikan jika cara saya salah

      Delete
    2. Lidahnya didorong biar bergetar?

      Delete
    3. kak carane menggertarkan lidahnya gimana? saya kurang paham

      Delete
  3. Udah di tempel terus di hembusin anginnya tapi gk bisa bergetar gmana tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbanyak latihan latihan gan, coba dipindah-pindah posisinya siapa tau bisa

      Delete
    2. Masalah x saya tidak bisa menggetarkan x...saya gak bisa ngomong r karna keturunan keluarga saya tidak ad yang bisa ngomong

      Delete
    3. Lidah saya juga belum berhasil bergetar : )

      Delete
  4. Udah di tempel terus di hembusin anginnya tapi gk bisa bergetar gmana tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Izin menanggapi, saat menempel lalu menghembuskan angin seperti mengucap kata "der" sehingga terdapat dorongan untuk menggetarkan lidak

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Gan ni juga bisa kahh klo yg biasa nyebutkan huruf R nya dri tenggorokan... Jadi kedengaran kaya bilang orang itu R nya betagar...
    Saya dapat masalah tdk dapat menyebutkan huruf 'roo' saat belajar tahsin.. Kata guru saya huruf "roo" nya menggaung dia dalam mulut, karna saya biasa ngucapkan R dengan tenggorokan, bukan dengan lidah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAlaah bisa gan, cuma menghilangkan kebiasaan itu yang susah

      Delete
    2. Saya kok ngga bisa bisa, dulu sampe sekarang saya make pipi kanan "rrrrssss" y dengernya lucusih

      Delete
  7. Baik,saya coba praktekkan tips nya,moga Bisa,Aamiin

    ReplyDelete
  8. Gan pas saya coba, kok mata saya melotot

    ReplyDelete
  9. Kalau pada saat bilang "R"nya nyampenya di tenggorokan Cemana yaa??

    ReplyDelete
  10. Saya sangat tidak PD kalau lagilkumpul" sama temen" gara" cadel saya berharap cara ini bisa berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sya mau bisa ngomong r 😩

      Delete
    2. Itu cara geterin lidahnya gimna ya ka? Boleh minta Vidio nya buat dipraktekin, soalnya aku kesusahan klo ga ada contohnya:(?

      Delete
  11. Gan ,saya cadel tapi cadel saya pas bilang R lidah syaa keluar jadi saya sangat terganggu pas bilang R lidah nya keluar emang bisa bergetar saya mau lidah saya ga keluar lagi itu gimana nya gan

    ReplyDelete
  12. Kalau umur 33, masih bisa gak ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal ad kemauan pasti bisa,saya belajar R sejak kelas 3 SD selama 1-2 hari di depan kaca,kemana mana bilang R ke dapur lagi gak ada kerjaan latiham terus nonstop sampe mo tidur,soalnya saya orang yg selalu penasaran kenapa orang bisa dan saya gak bisa, kuncinya adalah teknik menggetarkan lidah.selamat mencoba.yakin bisa..karena hal itu bisa dipelajari dan dilatih

      Delete
  13. Kalau umur 33, masih bisa gak ya gan?

    ReplyDelete
  14. Lidah saya ngga bisa ke atas karena pendek itu gimana gan?

    ReplyDelete
  15. Boleh saya minta vidio nya karna susah klo tulisan belajarnya tolongggggg kasih donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya mau dong juga minta video nya soal nya saya ingan bisa menyampaikan hurup r dngn bnr.. Supaya saya bisa mempraktikan x

      Delete
    2. Iya saya mau dong juga minta video nya soal nya saya ingan bisa menyampaikan hurup r dngn bnr.. Supaya saya bisa mempraktikan x

      Delete
  16. Ada no handphone atau no wa nya ya mas biar bisa lebih tau lagi cara cara yg mudah untuk bisa lebih mempelajari lagi terimakasih

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Maaf bang yang bagian terakhir,,,"kemudian getarkan lidah anda pas menyentuh gigi bagian dalam" itu gimana ya bangg???

    ReplyDelete
    Replies
    1. setauku gini mas/mbak, coba bilang "drrr" kaya pas main tembak tembakan pas anak kecil kan lidah itu ditengah tengah kan, nah itu diatassin ke atas sampe bisa geter awalnya tuh suara "r" nya didalem nanti bisa kok

      Delete
  19. Bg saya sudah coba terus tapi tidak bisa bergetar sama sekali.tolong bagu vidionya la

    ReplyDelete
  20. Saya Akan mencoba dan do'akan semoga berhasil.
    Dulu saat saya masih kecil saya adalah yg paling banyak omongnya di antara temen-temen saya.
    Tapi saat saya agak besar (kls 4 sd) ada yg mengejek says karna g bisa ngomong R. Sampai saat ini saya masih trauma untuk ngomong di depan umum, bahkan saya menjadi pendiam karna sangat malu.
    Jadi do'akan saya agar berhasil.
    N mkasih tutornya

    ReplyDelete
  21. Saya Akan mencoba dan do'akan semoga berhasil.
    Dulu saat saya masih kecil saya adalah yg paling banyak omongnya di antara temen-temen saya.
    Tapi saat saya agak besar (kls 4 sd) ada yg mengejek says karna g bisa ngomong R. Sampai saat ini saya masih trauma untuk ngomong di depan umum, bahkan saya menjadi pendiam karna sangat malu.
    Jadi do'akan saya agar berhasil.
    N mkasih tutornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sma persis Kya sya,, dlu sya paling bnyak omong,,tpi pas klas 4 jga udh mulai di ejek,, dn smpe skrng umur 16 hampir 17 jdi orng pndiam

      Delete
  22. Terimakasih. Semoga yg lg belajar cepat bisa.. termasuk sy jg sdang belajar

    ReplyDelete
  23. Replies
    1. Minggu depan videonya saya share, mohon maaf belum sempat bikin videonya karena ada kesibukan dan blognya tidak tersentuh.

      Delete
    2. Salam . Boleh saya tahu di mana video nya

      Delete
  24. Saya udah tes langkah kedua tpi blmn bisa bergetar gimna

    ReplyDelete
  25. Keren bang, smoga saya bisa menyebutkan huruf R nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bg bantuin aku bg aku pengen banget bisa ngomong R

      Delete
  26. Alhamdulillah sampai sekarang saya masih belum bisa nyebut R

    ReplyDelete
  27. Saya sudah 25 thun. Insyaallah mau coba prktek

    ReplyDelete
  28. Bang lidah gua standar tapi knp cadel yah,kadang kata temen gua tanpa sadar gua bisa kadang nggak tapi pas di praktekan di rumah lidahnya kaku mohon info nya sedikit gan?
    Thanks

    ReplyDelete
  29. Coba mampir kesini kalo cara ini masih belum bisa ya
    https://makasihyaa.blogspot.com/2019/05/cara-menyebutngomong-huruf-r-bagi-si.html?m=1

    Yang penting motivasinya ya

    ReplyDelete
  30. Gan bagi videonya dong bagi caranya soalnya klo liat videonya insya allah bisa cepet bisa bilang "R" nya gan..??

    ReplyDelete
  31. terima kasih atas tutornya,sekarang sya sdh bisa nyebut huruf r,sebenarnya udh lama berkat baca artikel ini tpi bru bisa nyampein trima kasih skarang,makasih banget
    *May

    ReplyDelete
  32. Gan aku sih kalau bilang D..sampe kaya tembak² kan sih bisa, tapi kok kalau mau bilang r knpa sih selalu keluar suara dari tenggorokan?

    ReplyDelete
  33. Kira kira brp minggu gan biar bisa ngomong R

    ReplyDelete
  34. Selalu malu klo cadel, diejek terus, sakit hati sy, trus pakek cara ini tetep gak bisa, keknya emg takdir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada hal yg bisa mengubah takdir,usaha yg tak putus asa dan doa

      Delete
  35. :" nah iya saamaa itu yg geter mksdnya gmna sihhh saya bngung lidah saya malah diem aee udh takdir kali ya

    ReplyDelete
  36. Bang tips nya makasih.. saya akan coba semoga berhasil ya amin..
    Saya masih SMP kls 3 saya malu kalo ga bisa bilang "R" bang
    Makanya saya cari ke intetnet
    Semoga dari tips Abang saya bisa bilang "R" ya amin!..
    Makasih bang

    ReplyDelete
  37. belum faham maksudnya sebut E.... sampai berhenti gimana ya....ini saya tidak cadel praktek sendiri buat anak saya yang cadel tapi kurang faham mungkin kalau pakai vidio lebih jelas ya...

    ReplyDelete
  38. Syukron tipsnya akan sy coba smg berhasil..
    Bulan dpn anak sy u 8 th & smp sekarang blm bisa blg 'R'..kasihan kdg diejek oleh teman2nya ...

    ReplyDelete
  39. Replies
    1. Rata2 orang yg gak bisa bilang R yg bergetar bukan lidahnya tapi tenggorokannya.

      Delete
  40. Bismillahirrahmanirrahim

    kak makasih tipsnya yaa akan kucoba untuk 2 minggu kedepan semoga aku bisa ngomong Rrrrrr,alhamdulillah 15menit sebelum nulis komen ini aku baca tipsnya dan coba2 lidah keatasin belakang gigi depan lalu hembusin angin dan mulai geter dikit... Nanti setelah ada perubahan aku update disini ya kaaak:)

    ReplyDelete
  41. Kalo pas getar kayak ada desisnya itu gimana?

    ReplyDelete
  42. Saya sudah bisa mengucapkan huruf R dengan bergetar dan benyanyi tampa masalah tpi masih ada kata yang agak sulit dan R nya tidak terdengar.

    ReplyDelete
  43. Mas,saya gx bisa lidah nya ke atas

    ReplyDelete
  44. Gmn ya klo anak saya dia cadel solnya lidahnya gk bisa d ke atasin( d lipat tarik k atas) jdi mengatasinya gmn sdngkn mengucapkan hidup R itu kn lidah k atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. operasi tali lidah dulu om kalo masalahnya tongue tie

      Delete
  45. Ini macam r english,kalau r melayu sebut camne,

    ReplyDelete
  46. Alhamdulillah ka aku udah bisa bilang"rrrrrrrrr" tapi kalo menyebutkan kata2 itu kaya ada yang janggal gitu di lidah sama pengucapannya juga masih janggal.Sebenarnya aku udah lama bisa bila"rrrrrrrrr" tapi agak susah kalo ngomong kaya "kongkret,horor,roler coster dll" kalo ngomong itu masih sering "r" jadi "L" tapi kalo aku ngomong roler coster itu r nya harus panjang contoh nya rolerrr costerr,horor jadi hororrr.Mudahan dalam bulan ini aku bisa bilang rrrrrrrrr dengan benar Aamiin

    ReplyDelete
  47. Aku Rogol Perempuan sedap siut tapi tak dapat sebut Huruf R lagi padahal aku dah jilat kemaluan permepuan sedap aku main pake konek aku

    ReplyDelete
  48. Saya bisa ngomong kayak drrrrrrrtttt lidah saya bergetar tp gk bisa ngucapkan kalimat yang ada huruf "r" nya jd gimana yah ?

    ReplyDelete
  49. Kak Berapa Lama Yh Biar Bisa Ucapin Huruf R Dengan Cara Kakak Yg Beriin Td?
    Soalny Saya Malu Dgn Temang" Saya Mereka Semua Bisa Bilang Huruf R Tp Cuma Saya Sendiri DiKelas Yg Gk Bisa Bilabg Huruf R!Gmna Sih Kak Biar Cepet Bisa Bilang Huruf R Selain Dari Cara Kakak🙏Please Kak Bantu Aku🙏🙏

    ReplyDelete
  50. ih bnerrr yaallah seneng bgt bissa nyebut huruf r . Kebanggaan yg luar biasa buat diri sendri

    ReplyDelete
  51. Aku udah berusia 22 tahun,dan sudah bekerja di salah satu perusahaan stiap kali giliran aku untuk memimpin DOA rasax gugup minder karna gak bisa sebut huruf R dan setela doa pagi reman" satu team dgn aku sering mengejek" aku rasanya minder dan lebih parah sampe muka ku merah hanya karna nahan malu dan memilih until diam rasanya putus asa,😥😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar, saya laki" 23 tahun dan cadel. Saya kasir, pas waktu bilang harga selalu pake tenggorokan. Saya baru mulai belajar juga ��

      Delete
  52. Terima kasih kk aku sudh agak bisa ngomong R terima kasih cara nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi wa kak mau belajar nyebut R juga, biar bisa barengan belajarnya...

      Delete
  53. Semoga cara ini berhasil karena, setiap presentasi di dpn kelas aku jadi minder gara" gak bisa nyebut R

    ReplyDelete
  54. Saya udh digeterin tapi sudah pas ngomong nga

    ReplyDelete
  55. Udah ada yang berhasil blom?

    ReplyDelete
  56. Itu Cara ke 2 Hembus angin dari dalam ke luar mulut, atau dari luar kedalam?

    ReplyDelete
  57. susah banget bang, tapi doain yyaaa bang
    Semoga di umur ane yg sekarang udh 18 bisa lancar ngucapinnye

    ReplyDelete
  58. Itu klo udh bsa gtar lidah nya di mna si?klo ak di bagian bawah

    ReplyDelete
  59. thanks a lot om Ayatullah Muntazhiri.

    Saya laki2 umur 27 tahun, baru baca postingan ini 3 hari yg lalu dan coba dipraktekin dirumah mau berbagi sedikit progress latihannya.

    Hari pertama latian jadi bisa getarin lidah dddrrrrrr dan kkkkeeerrrrrr sepanjang tarikan nafas yg agak ngeden.

    Hari kedua super ngubah mindset ngomong r selama 27 tahun. Nyoba bilang eeeee-r (lipet lidah keatas kayak ngomong huruf N dan coba getarin lidah) dan ngerasa ga berhasil. Tp pas coba di rekam hasilnya jauh lebih baik daripada pake ludah di tenggorokan yg selama ini saya gunakan :p
    Sekitar 2-3 jam kalo ditotal latian itu terus hasilnya kadang bisa kadang engga. Biasanya kalo di ngedenin bisa, tp jauh dari kata natural. Latian ngomong anDRi, DRakula berulang ulang karena ini yg gampang di ngedenin wkwkwk

    Hari ketiga masih lanjut sering bergumam sendirian dddrrrr, kkeerrrr, eeeeer. Mulai nyoba rekam kata2 biar natural apa dan kayanya yg cukup enak haRi, Ri, Ri, Ri (kaya manggil temen nama Ari) ternyata dikuping kita belom enak tp di rekaman hasilnya ga kaya orang cadel asal ada getaran diiikiiiit aja dilidah dan langit2 mulut.
    Akhirnya karena udah mulai kepedean coba karaoke lagu Karena Cinta Joy Tobing dan rekam, lumayan bikin terharu karena banyak yg success kata yg ada R nya walaupun harus agak di ngedenin di beberapa kata.

    Oiya tp saya masih gabisa ngomong/nyanyi tRima kasih, bisanya teRima kasih. Salam dari orang umur 27 tahun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udh bisa lancar seperti oramg ga cadel gan ?

      Delete
    2. Sorry baru update.
      Yups, Alhamdulillah setelah 2 bulan udah bisa lancar dan natural bgt kalo ngobrol sehari2 atau buat bacain buku cerita anak.

      Tp saya masih gabisa bilang rrrrrrrrrrrrrrrrrrrr yg panjang. Bisanya maksimal paling cuma 2-3 detik. (Btw ini ga penting bgt sih, makanya ga pernah saya latih jadi gabisa bisa :D)

      Delete
  60. Kak itu minimal berapa hari ya setiap tahap

    ReplyDelete
  61. Replies
    1. Gan....nanya nih...
      Lidah bagian bawah kamu ada gak kayak jaringan yang tersambung dari bawah lidah ke bawah mulut??
      Istilahnya Tongue tie...

      Fast respon y...butuh🙏

      Delete
  62. Saya getarin lidahnya malah kek bunyi z

    ReplyDelete
  63. Gan, kalo bagi lidah yg kaku gimana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya harus lebih banyak latian gan. Soalnya lidah itu otot, dan otot itu bisa di latih

      Delete
  64. Butuh waktu berapa lama ya agar dapat bisa berbicara huruf R tersebut?

    ReplyDelete
  65. Lidah saya kepanjangan, apakah harus dg cara yg lain?

    ReplyDelete
  66. Thank you,saya akan coba,mohon doanya😄😊🙏

    ReplyDelete
  67. Orang kebulan aja bisa,coba terrusss

    ReplyDelete
  68. Assalamualaikum ka maaf saya masih bingung gimana cara getarkan lidah nya ?😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wallaikumsalam, ini gw mau bantu, gw udah bisa getar walau belum bisa menggambungkan r ke huruf lainnya😅
      1.Belajar hembuskan angin dari dalam mulut keluar mulut,bunyinya seperti : huuuuuu huuuuuu huuu
      2. Tempelkan lidah keatas. Lalu hembus angin ke luar mulut,s cara pertama. suaranya seperti suara orang membuang dahak
      3. Terus lakukan sampai lidah mulai lemas, dan berbunyi : drrrrttttt drtttttt drrrrrttt.
      Itu sih menurut saya

      Delete
  69. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  70. Emang lu bisa menjamin kalau orang2 pada ngelakuin cara itu

    ReplyDelete
  71. Kak, kalau umur 15 masih bisa belajar ngomong 'r' tidak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak aku udh 12-13 tahun gimana ini kak gk bisa bilang r aku malu sama teman teman ku

      Delete
  72. Mau nanya kak, sya kan umur 17 thn nih nyebut r kyk samar² gitu kak itu kira² bisa disembuhin gk ya kak sama cara diatas itu
    Terimakasih sebelum nya

    ReplyDelete
  73. Buat video aja kak biar jelas🙏

    ReplyDelete
  74. Makasih ya, 😊bermanfaat banget 👍👍👍

    ReplyDelete
  75. Kok saya lidah nya ndak bergetar, susah banget 😭

    ReplyDelete
  76. Jadi ga semangat gw belajar nya,, barusan belajar terus nanya sama emak. Mak masih cadel?? Mak gw malah ketawa sambil bilang ngapain si belajar ngomong r orang udah gede mana bisa,, nama nya juga takdir. Langsung Down gua:(

    ReplyDelete
  77. Udah bisa bilang eeeeerrr dan bergetar lalu mengapa belum bisa bilang r ???

    ReplyDelete
  78. Bang minta vidio nya dong biar jelas belajarnya

    ReplyDelete
  79. bantu saya mas saya pingin sekali bisa ngomong " R " saya ingin masuk TNI biar saya bisa mengangkat derajat orang tua saya mas dan saya ingin membarangkatkan umrah dan membuat kedua orang tua sya bahagia tolong sya mas

    ReplyDelete
  80. Alhamdulillah udah mau bisa ngomong huruf r , Makasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana progressnya mas? udah lancar?

      Delete
  81. berarti posisi lidah di antara gigi, bukan di langi langit?

    ReplyDelete
  82. Kk minta Ig ny ingin lebih jahu bnyk tanya ny

    ReplyDelete
  83. up up up. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  84. Saya kalo getarin r. To kalo di gabungin dg kalimat. Gak lama bicaranya. Pd hal niat jd hafisd saya. Doa in ya supaya bisa

    ReplyDelete
  85. Lidahku dah bisa getar tapi masih susah latihan ngomong kata kata yang ada r nya

    ReplyDelete
  86. Terima kasih, saya akhirnya bisa bilang ''r'' dengan izin Allah, dan saran dan pelajaran dari artikel ini, sebenarnya saya telah membaca artikel ini di tahun 2019, tapi saya baru bisa berterima kasih sekarang, sekali lagi terima kasih...

    ReplyDelete
  87. Belum bisa " juga kak lidah nya bergetar gimana nih minta tolong dong kasih solusi nya pliss

    ReplyDelete
  88. Bang kirm video nya dong ,
    soalnya aku susah banget belajarnya

    ReplyDelete
  89. Bisa getarin lidah, bilang errr nya gk bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahap tersulit sudah lewat berarti. Kalau pengalaman saya tinggal coba eeee trus lipet lidah keatas kaya mau ngomong huruf N, tp pas kena langit2 lidah langsung getarin.

      Mungkin kedengaran di kuping sendirinya masih gaenak, tp coba rekam aja lalu dengerin hasil rekamannya

      Semangat

      Delete
  90. Bismillah semoga bisa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menghitung Stabilitas Dinding Penahan Tanah Tipe Kantilever

Cara Menghitung Kebutuhan Tulangan Dinding Penahan Tanah Tipe Kantilever